16 September 2003

Don’t Judge a Book by Its Cover!!

Ungkapan di atas udah sering banget kita denger..
Katanya nga semua buku yang covernya bagus isinya bagus juga..
Dan nga semua buku yang covernya jelek isinya jelek juga..
Untung-untungan kalo dapet buku yang cover dan isinya bagus sekalian.
Dan bakal rugi banget kalo kita dapet buku yang cover dan isinya jelek.

Nga cuma masalah buku doank..dalam hubungan manusia sehari-hari juga ungkapan di atas itu bisa dipake juga..
Seringkali gua secara idealis ngomong kalo gua nga akan nge’judge’ orang dari luarnya doank..
Tapi ternyata nga selalu bisa gua lakuin, secara nga sadar gua suka untuk menilai orang dari luarnya doank..
Jadi kalo ada orang yang pertama kali ketemu udah ninggalin kesan baek, langsung aja gua ‘judge’, orang ini baek dan asik juga..
Trus kalo ada orang yang pertama ketemu udah ninggalin kesan ‘nga baek’, gua suka langsung nge’judge’, orang ini nyebelin, nga rame, dsb..
Padahal gua belom tau ‘isi’ dari orang tsb..
Selama ini gua nga terlalu mikirin atau musingin yang namanya ‘Hallo Effect’ ini.. ya udalah mau gimana lagi khan orangnya nga tau, pikir gua..

Tapi gua pernah dapet pengalaman yang ngajarin gua kalo gua selalu nge’judge’ seseorang by ’its cover’ tuh rugi banget..
Gua pernah ketemu ama seseorang yang ‘menurut gua’ baek, rame, gaul, asik orangnya.. yah.. tipe orang yang enak buat temenanlah.. so.. gua mau temenan ama dia. Tapi ternyata di balik semua itu, dia cuma mau manfaatin gua doank..Pas udah nga ada kepentingan lagi ama gua, dia ‘ninggalin’ gua.. Gila, BT banget.
Trus gua pernah ketemu ama seseorang yang ‘menurut gua’ tipe ‘membosankan‘ buat dijadiin temen. Gua selalu ngejaga jarak ama dia karena gua ngerasa, aduh.. nga mungkin deh temenan ama dia, beda sifat!
Eh di saat gua lagi susah en butuh bantuan seseorang tenyata orang itu yang nolongin gua.. Gila, gua nyesel banget.. kenapa selama ini gua ‘jahat banget’ ama dia..

Gua berharap pengalaman itu bisa selalu mengingatkan gua untuk nge judge ‘a book’ by its content..